Menu Click to open Menus
Home » Akreditasi » KERJASAMA TK KAMULAN & PSIKOLOGI UP45 PERIODE II-2

KERJASAMA TK KAMULAN & PSIKOLOGI UP45 PERIODE II-2

(24 Views) Oktober 16, 2016 8:27 am | Published by | No comment


MENGGAMBAR MOBIL SEBAGAI STIMULUS PENGENALAN
LINGKUNGAN SEKITAR
Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Pengenalan lingkungan sekitar anak perlu dilakukan sejak anak usia dini sebagai suatu fondasi bagi perkembangan kemampuan anak berinteraksi dengan lingkungannya secara lebih luas. Tema pendampingan menggambar yaitu ”Lingkungan” dengan objek gambar ”Mobil”. Tujuannya adalah mengembangkan kemampuan pengenalan lingkungan dan kreativitas pada diri anak.
Pengenalan lingkungan sekitar bagi anak merupakan salah satu dasar untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi. Indikator: Kemampuan bersosialisasi, berdasarkan pendapat Helms & Turner (1984), anak dapat bekerjasama (cooperating) dengan teman, anak mampu menghargai dan berbuat kebajikan (altruism) teman, anak mampu berbagi (sharing) kepada teman, serta anak mampu membantu (helping others) orang lain.

Pendampingan menggambar yang dilakukan oleh mahasiswa diawali dengan perkenalan diri. Masing-masing mahasiswa mengajak anak-anak bernyanyi bersama dengan disertai gerakan-gerakan yang menarik bagi anak-anak. Alat yang digunakan yaitu kertas gambar dan alat pewarna. Mahasiswa selanjutnya mendampingi anak-anak satu persatu untuk menggambar dengan bentuk mobil.
Hasil evaluasi para mahasiswa setelah melakukan kegiatan pendampingan menggambar yaitu mahasiswa lebih memahami perkembangan sosial anak usia dini yaitu anak-anak sudah dapat merasakan kelucuan misalnya ikut tertawa ketika orang dewasa tertawa atau ada hal-hal yang lucu. Masalah bersosialisasi pada anak-anak usia TK dapat diidentifikasikan dari berbagai perilaku yang ditampakkan anak, diantaranya anak cenderung ingin menang sendiri bahkan cenderung bersikap agresif atau cepat marah, setiap keinginannya selalu harus dituruti, membangkang serta ada kecenderungan tidak mau berbagi dengan temannya.
Kegiatan pendampingan ini adalah implementasi kerjasama antara TK Kamulan Yogyakarta dengan Fakultas Psikologi UP45. Dari kerjasama ini, Fakultas Psikologi UP45 memetik manfaat yang luar biasa yaitu mahasiswa mempunyai kualifikasi yang bagus untuk menjadi pendidik. Dari kerjasama ini tampak jelas bahwa menjadi pendidik, meskipun tingkat taman kanak-kanak, ternyata sangat tidak mudah. Ketika berinteraksi dengan anak-anak TK, para mahasiswa Psikologi UP45 dipaksa oleh situasi untuk mengeluarkan kreativitas yang selama ini belum tergali. Sebagai contoh adalah kegiatan menyanyi. Kegiatan itu sangat sederhana, namun tidak semua mahasiswa mempu menyanyi lagu anak-anak. Selain itu tampil jenaka dan atraktif di depan anak-anak kecil ternyata membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi.

Pelaksanaan pendampingan menggambar di TK Kamulan menjadi kegiatan pengembangan potensi bagi anak-anak serta pembelajaran bagi mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah. Kesempatan berbagi ini merupakan implementasi kerjasama antara Fakultas Psikologi UP45 dengan TK Kamulan Yogyakarta, periode ke II, minggu ke-2. Pendampingan ini terlaksana pada 27 September 2016. Tim sukses kerjasama kali ini dipimpin oleh Wahyu Widiantoro, dosen Psikologi UP45 yang dikenal paling dekat dengan mahasiswa. Selain itu mahasiswa yang ikut berpartisipasi antara lain Manik Mutmain, Tri Jumiati, dan Naufal. Mereka adalah mahasiswa cemerlang dari Psikologi UP45. Semoga kerjasama yang baik ini terus berlangsung dan memberi manfaat baik bagi pengembangan TK Kamulan, juga bagi Fakultas Psikologi UP45.
Referensi:
Helms, D. B & Turner, J.S., (1983). Exploring child behavior. New York: Holt Rinehartand Winston.

No comment for KERJASAMA TK KAMULAN & PSIKOLOGI UP45 PERIODE II-2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *