Menu Click to open Menus
Home » KULIAH DI PSIKOLOGI UP45 = KESEMPATAN UNTUK BERPRESTASI & BERKARYA

KULIAH DI PSIKOLOGI UP45 = KESEMPATAN UNTUK BERPRESTASI & BERKARYA

TESTIMONI EMPAT MAHASISWA TOP PSIKOLOGI UP45

Arundati Shinta

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Diantara belantara universitas swasta dan negeri di Yogyakarta, kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta adalah sangat menyenangkan. Ini adalah suatu pernyataan yang aneh, karena sekilas segala sarana dan prasarana di UP45 kurang tertata dengan baik. Sangat berbeda dengan sarana dan prasarana di Universitas Gadjah Mada (UGM), universitas nomor 1 di Indonesia. Bila mahasiswa kuliah di UGM dan menjadi mahasiswa berkualitas tinggi, maka hal itu sangat tidak mengherankan. Itu adalah kelaziman. Bahkan kalau ada mahasiswa UGM yang tidak berprestasi, maka itu adalah hal yang aneh.

Apa saja hal-hal yang menarik di Fakultas Psikologi UP45? Hal yang paling menarik di Psikologi UP45 adalah mahasiswanya. Secara fisik, para mahasiswa Psikologi UP45 biasa saja bahkan mungkin sama dengan mahasiswa UGM. Hal yang paling menonjol adalah kemauan mereka untuk berprestasi daalam bidang akademik dan terus berkarya di dunia kerja mereka. Para mahasiswa Psikologi UP45 banyak yang berprofesi sebagai karyawan suatu orgnisasi. Pada pagi hari, mereka berkarya pada suatu organisasi, dan pada malam hari mereka menimba ilmu di Psikologi UP45. Bisa ditebak, stamina fisik mereka sangat bagus. Mereka terkenal gigih meraih cita-cita. Banyak kendala dalam menguasai ilmu, namun mereka tidak menyerah.

Siapa saja mahasiswa yang gigih tersebut? Mahasiswa pertama yang ditampilkan dalam tulisan ini adalah Hanafi, NIM 153104101095. Ia bekerja di PHE ONWJ (Pertamina Hulu Energy Offshore North West Java). Posisinya adalah sebagai Comdev Officer. Komentarnya tentang kuliah di Psikologi UP45 adalah: “Saya senang mengikuti kuliah di Fakultas Psikologi UP45. Alhamdulillah ilmu psikologi banyak membantu menunjang pekerjaan saya kususnya dalam handling masyarakat di wilayah binaan dan handling stakeholder pada umumnya. Psikologi berguna untuk lebih bisa memahami watak, karakter, perilaku serta kondisi lingkungan sekitarnya.”

Mahasiswa kedua yang selain gigih juga berprestasi akademik sangat memuaskan adalah Jati Pramono, NIM 13.310.410.1051. Ia adalah calon lulusan Psikologi UP45 dengan predikat cum laude, karena untuk sementara Indeks Prestasinya adalah 4, dari rentang nilai 1-4. Semua pelajarannya bernilai A. Ia juga pernah merebut beasiswa PPA/BBM dari Pemerintah Indonesia. Pada sisi lain, Jati juga bekerja menjadi Account Officer PT. Permodalan Nas
ional Madani Persero Cabang Yogyakarta, Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) Yogyakarta Syariah. Jl. Kenari No.3C Yogyakarta. Pekerjaan sehari-harinya adalah menaklukkan hati nasabah, agar mereka bersedia mentaati semua peraturan oragnisasi ULaMM. Suatu pekerjaan yang nampaknya mudah, namun sangat sulit karena erat hubungannya dengan uang.

Kesannya ketika belajar di Fakultas Psikologi UP45 yakni menambah dan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan di bidang Psikologi terutama dalam hal meyakinkan, memotivasi dan maintenance klien. Dampaknya klien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Selanjutnya Ilmu Psikologi yang dipelajari juga mengasah skill with people (negotiation skill, soft and hard skill, communication skill). Jati merasa lebih mampu memahami karakter berbagai individu.

Mahasiswa ketiga yang ditampilkan dalam tulisan ini adalah Tri Welas Asih, NIM : 143104101078. Prestasi akademiknya sudah tidak diragukan lagi. Indeks Prestasinya hampir mendekati 4. Mayoritas pelajarannya bernilai A. Ia adalah calon lulusan Psikologi UP45 dengan predikat cum laude. Prestasi lainnya yang menonjol adalah kemampuannya dalam menulis. Tulisannya sudah sampai pada level nasioanl, karena ia berani mengikuti ajang Semianr Nasional / Call for Paper. Rekor menulis untuk sementara adalah level nasional dua kali, dan level daerah (menulis di surat kabar sudah 10 kali). Selain itu, Tri Welas Asih juga sudah berulangkali menjadi nara sumber di Radio RRI dan Radio EMC Yogyakarta.

Selain sibuk menimba ilmu, Tri Welas Asih juga bekerja sebagai Kepala Sekolah di TK. Khalifah Nogotirto, Yogjakarta. Usianya masih sangat muda, namun ia dipercaya menjadi Kepala Sekolah. Bahkan seorang sarjana psikologi pun tidak bisa mengalahkan posisi bergengsi tersebut. Komentarnya ketika menjadi mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 adalah “Saya merasa beruntung dapat melakukan perkuliahan sambil bekerja di Fakultas Psikologi UP45. Hal ini karena semua ilmu di Psikologi UP45 sejalan antara pekerjaan dan kuliah. Selain ilmu, banyak pengalaman dan aplikasi ilmu yg langsung saya dapatkan di Fakultas Psikologi UP45”. Menyenangkan, mempunyai mahasiswa yang cerdas seperti Tri Welas Asih ini.

Mahasiswa keempat yang ditampilkan dalam tulisan ini adalah Muji Pambudi, NIM.: 13.310.410.1039. Muji adalah mahasiswa Psikologi UP45 yang paling menawan, karena prestasi akademiknya bagus dan tutur katanya sopan. Semua dosen dan mahasiswa senang bergaul dengan Muji. Ia juga bekerja di perusahaan Premier Oil Indonesia, suatu organisasi yang bergerak dalam bidang Oil and Gas Company. Posisinya adalah sebagai  GMA (General Medical and Admin). Komentarnya ketika kuliah di Fakultas Psikologi UP45 adalah “Membangun kembali semangat saya untuk maju membentuk pribadi yang berkualitas. Psikologi UP45 adalah kampus yang nyaman dan para dosennya qualified dalam membantu mencapai tujuan saya. Banyak hal yang saya dapatkan menjadi modal saya dalam berkarier maupun bermasyarakat. My time in Up45 is a truly enjoyable one.”.

Melihat empat mahasiswa yang berprestasi tersebut, membuat saya seperti menerima lotere jutaan dollar. Saya sangat bahagia. Pertanyaan yang sering muncul dari masyarakat adalah, mengapa mahasiswa Psikologi UP45 bisa berprestasi? Jawabannya sederhana yaitu para dosennya, terutama para dosen muda, selalu ikhlas dalam menjalankan perannya sebagai dosen. Keikhlasan itulah yang menuntun berbagai kemudahan dalam menjalankan profesi sebagai dosen. Banyak ide kreatif begitu saja muncul, dan langsung bisa diterapkan. Implementasi ide-ide kreatif oleh dosen selalu melibatkan mahasiswa. Oleh karena itu tidak heran bila mahasiswa Psikologi UP45 sarat prestasi.

Keempat mahasiswa unggul tersebut membuktikan bahwa psikologi sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Penguasaan psikologi bagi mahasiswa dan dosen akan membuat potensi diri tergali, dan masyarakat sekeliling akan mendapatkan manfaat positif. Hal ini karena di Fakultas Psikologi UP45, mahasiswa diajarkan ISR (Individual Social Responsibility) atau kepedulian sosial. Mahasiswa dididik untuk peduli pada lingkungan sekitar dengan mengamalkan pengetahuan dan ketrampilannya. ISR ini tidak hanya penting di daerah yang banyak mengandung sumber daya alam (misalnya minyak dan gas), namun juga di daerah lainnya. Semoga Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta selalu jaya.