Menu Click to open Menus
Home » Berita » LAYANAN PENDAMPINGAN PSIKOLOGI DI HARI KEMERDEKAAN

LAYANAN PENDAMPINGAN PSIKOLOGI DI HARI KEMERDEKAAN

(55 Views) September 1, 2016 9:14 am | Published by | No comment

KERJASAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UP45 & TK KAMULAN MINGGU KE-12

Fx. Wahyu Widiantoro

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Semangat memperingati hari Kemerdekaan ditunjukan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh semua kalangan masyarakat.  Seperti berbagai lomba yang menarik dan atraktif serta layanan pendampingan psikologi. Acara yang telah berlangsung sukses merupakan salah satu bentuk kerjasama Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dengan PAUD Kamulan Yogyakarta dikemas dalam kegiatan Parents Meeting di TK Kamulan, Pringwulung Condongcatur Yogyakarta. Kegiatan tersebut diadakan pada 20 Agustus 2016.  

Keceriaan para peserta yang hadir dengan mengenakan pakaian bernuansa merah dan putih semakin semarak dengan adanya berbagai stand yang telah disiapkan oleh panitia. Terdapat stand Dentist yang memberikan pelayanan perawatan gigi oleh drg. Ervita Tri Purnasari (Maguwoharjo), stand medical cek up yang memberikan pelayanan pemeriksaan fisik, mata, telinga dan mulut oleh dr. Pristy Fendi Kusuma (Wonosari) serta psikologi corner tentunya oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Panitia juga mengundang PAUD Strowberri 1 Demangan, PAUD Mutiara Hati Caturtunggal, PAUD Teratai Indah Gaten Condongcatur Yogyakarta.

Layanan pendampingan psikologi dilakukan oleh perwakilan dosen Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta beserta mahasiswa-mahasiswa Fakultas Psikologi dari beberapa tingkat semester. Perwakilan mahasiswa tersebut yaitu Tri Mei Wulandari, Tri Welas Asih, Wartono dan Wahyu Relisa Ningrum. Para mahasiswa selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta agar mahasiswa dapat menggali potensi dan kreativitas diri serta mengaplikasikan langsung ilmu yang mereka terima di bangku perkuliahan.

Tujuan kegiatan layanan pendampingan psikologi untuk membantu orangtua mengetahui sejak dini tentang pertumbuhan dan perkembangan yang sehat sesuai usia anak, mengetahui karakteristik anak dan tempat sharing masalah-masalah yang dihadapi oleh orang tua dalam mendampingi putra-putrinya. Diharapkan melalui pendampingan yang tepat maka orangtua semakin mengenal anak mereka sehingga dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak.

Parents meeting yang bertajuk “Love My Indonesia, Love to Share”, menjadi kesempatan yang baik untuk saling mengenal dengan lebih dekat antara sesama orangtua, guru-guru sehingga dapat mempererat tali silaturahmi. ”Kegiatan ini juga bertujuan memperkenalkan kegiatan-kegiatan di TK Kamulan Yogyakarta yang berbasis multikultural dengan konsep sekolah alam”, demikian dijelaskan oleh Ahmad Mutamakhin sebagai salah satu tenaga guru di TK tersebut yang juga merupakan salah satu mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45. Mahasiswa Fakultas Psikologi yang juga telah diterima menjadi guru di TK Kamulan adalah Dewi Larasati.

Diharapkan layanan pendampingan psikologi oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 yang diberikan di berbagai tingkat pendidikan sebagai upaya nyata dalam mendukung serta mempersiapkan generasi muda sebagai Agent of Change melalui ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan Indonesia maju dan mandiri. Dirgahayu Republik Indonesia ke 71.

Satu hal menarik dari kegiatan ini adalah adanya liputan ekslusif. Liputan itu ditulis oleh Wahyu Relisa Ningrum, mahasiswa cemerlang dari Psikologi UP45. Liputan tersebut merupakan bukti bahwa tradisi menulis telah merasuk para mahasiswa Psikologi UP45. Hal itu menandakan keberhasilan program literasi yang digalakkan para dosen psikologi. Semoga kegiatan Wahyu Relisa Ningrum itu juga diikuti oleh mahasiswa lainnya.

No comment for LAYANAN PENDAMPINGAN PSIKOLOGI DI HARI KEMERDEKAAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *