Menu Click to open Menus
Home » Akreditasi » MAHASISWA PSIKOLOGI UP45 GOES TO SENIOR HIGH SCHOOL:

MAHASISWA PSIKOLOGI UP45 GOES TO SENIOR HIGH SCHOOL:

(71 Views) Oktober 24, 2016 8:43 am | Published by | No comment


SEBAGAI BUKTI NYATA MAHASISWA SIAP KERJA DAN
IMPLEMENTASI VISI MISI PRODI PSIKOLOGI
Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Acara bimbingan bagi siswa dengan mengangkat tema motivasi belajar dilaksankan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Bapak Kepala MA. Miftahul Huda, Bulu Temanggung, Drs. H. Mahali., M.Si., pada hari Rabu, 19 Oktober 2016.
Siwa sangat membutuhkan motivasi dari orangtua serta guru untuk tetap bersemangat melanjutkan proses belajar di sekolah. Keadaan ekonomi keluarga merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kondisi putus sekolah. Kenyataan yang terjadi, faktor kesulitan ekonomi justru menjadi motivator atau pendorong anak untuk lebih berhasil. ”Bangga rasanya bila siswa kami bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi”, ungkap Bapak Mahali.

Tujuan diadakannya acara pendampingan psikologi dalam acara Psikologi Berbagi ini yaitu sebagai upaya memotivasi siswa level SMA untuk lebih bersemangat dalam kegiatan belajar. Jangan sampai wajib belajar 12 tahun terputus. Selain itu, pendampingan psikologi ini merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa Psikologi UP45 mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatnya di bangku kuliah. Mereka dilatih untuk menjadi trainer handal di kemudian hari, dengan cara praktek nyata di depan siswa level SMA. Meskipun mereka belum menyandang gelar Sarjana Psikologi, namun mereka sudah mampu memperlihatkan kompetensinya yang keren dalam bidang pendidikan dan entrepreneurship.
Kegiatan di lembaga setingkat SMA ini juga merupakan pengejawantahan visi, misi dan tujuan dari Prodi Psikologi UP45. Visi Prodi Psikologi UP45 adalah – Menjadi pusat unggulan pengembangan iptek dan tenaga ahli dalam bidang psikologi untuk menunjang pengembangan wilayah kerja industri energi dengan semangat kejuangan angkatan 45 pada tahun 2022. Kegiatan Psikologi Berbagi yang relevan dengan visi adalah “bidang psikologi untuk menunjang pengembangan wilayah kerja industri energi”. Hal itu bermakna bahwa Prodi Psikologi UP45 difokuskan pada bidang pengembangan masyarakat (community development) yang meliputi pendidikan, lingkungan, pelayanan masyarakat, industri dan klinis. Diharapkan kompetensi mahasiswa kelak adalah sarjana psikologi yang mempunyai kemampuan dalam bidang pendidikan dan entrepreneur di daerah hilir penghasil energi.
Para siswa MA Miftahul Huda mendengarkan dengan seksama materi bertemakan “Motivasi Belajar” yang dipaparkan oleh Febrio Valentino dan Relisa,  dua mahasiswa Psikologi UP45 yang terkenal aktif di kampus. Suasana bertambah akrab ketika para mahasiswa mengajak menari bersama dengan dipimpin oleh Triyono, mahasiswa Psikologi UP45 yang berbakat di bidang koreografer. Acara bimbingan bagi siswa yang dikemas dengan kreatif oleh mahasiswa semakin lengkap dengan adanya penampilan stand up comedy dari Fadhli Amin, yang juga mahasiswa Psikologi. Acara semakin heboh ketika ada pembagian hadiah menarik, sehingga para siswa semakin bersemangat.

“Ini kali pertama ada kunjungan dari kakak-kakak mahasiswa ke sekolah dan senang sekali ada acara Psikologi Berbagi dari Fakultas Psikologi UP45 di sekolah ini, semoga bisa diadakan lagi dengan tema menarik lainnya”, ungkap salah satu siswa MA Miftahul Huda.
Siti Asmaul Husna sebagai panitia acara mengungkapkan bahwa dibutuhkan kekompakan dalam koordinasi tim, persiapan yang sungguh-sungguh agar acara dapat berjalan sukses. ”Acara Psikologi Berbagi memaksa kami untuk berani tampil dan menunjukan potensi setiap mahasiswa”, ungkap Husna, seorang mahasiswa Psikologi UP45 yang juga berprestasi.
Bapak Mahali selaku Kepala Sekolah berharap agar kerjasama antara UP45 Yogyakarta dan MA. Miftahul Huda, Bulu Temanggung dapat terus dilaksanakan. ”Kami membutuhkan dukungan untuk memotivasi siswa dalam belajar terlebih menjelang ujian nasional. Hal ini penting agar siswa tidak putus sekolah”, ungkap Bapak Mahali.
Acara Psikologi Berbagi ini sudah diselenggarakan mulai tahun 2015 yang lalu. Acara di Temanggung ini adalah acara yang ke-13. Keberlangsungan acara ini menunjukkan bahwa para dosen Psikologi UP45 sangat serius mempersiapkan kompetensi mahasiswa agar bisa bersaing dengan universitas lain, sehingga mereka siap bekerja. Kesuksesan acara ini harus dibayar dengan air mata dan peluh. Pada satu sisi, para mahasiswa dan dosen harus menyusun materi dan game psikologi yang menarik. Pada sisi lain, mahasiswa harus bergerilya dalam hal pengelolaan waktu dan sumber daya manusia, sehingga jadwal kuliah mereka tetap terisi dengan lengkap. Sebagian mahasiswa itu sudah berkeluarga dan masih mempunyai anak kecil. Mereka harus mengorbankan waktu yang berharga dengan keluarga demi kesuksesan acara ini.

Persiapan para mahasiswa tersebut sampai larut malam, bahkan sampai kampus sepi karena semua orang sudah pergi kecuali satpam yang memang bekerja pada malam hari. Perjuangan mahasiswa yang heroik ini membuat saya merenung, sungguh mulia hati para mahasiswa ini. Saya menjadi sedih bila ada berbagai pihak yang kurang mendukung keberlangsungan acara Psikologi Berbagi ini. Para mahasiswa ini mungkin saja kurang memahami birokrasi di prodi, fakultas dan universitas, namun kesediaan mereka pergi ke Temanggung adalah untuk kejayaan Psikologi UP45 dan UP45 secara keseluruhan. Mereka masih sangat muda, namun kesungguhan mereka untuk berkarya jauh melebihi para dosen yang sudah terlalu lama berada di zona nyaman.
Semoga kegiatan Psikologi Berbagi dengan tema “Mahasiswa Psikologi Goes to High School” ini dapat terus berlangsung. Ini semua demi kemajuan mahasiswa dan semakin mempopulerkan Psikologi UP45. Jayalah Psikologi UP45 Yogyakarta.

No comment for MAHASISWA PSIKOLOGI UP45 GOES TO SENIOR HIGH SCHOOL:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *