Menu Click to open Menus
Home » Berita » PENGENALAN KARIR DI BIDANG MARITIM PADA ANAK-ANAK

PENGENALAN KARIR DI BIDANG MARITIM PADA ANAK-ANAK

(70 Views) September 18, 2016 9:24 am | Published by | No comment

KERJASAMA PSIKOLOGI UP45 & RRI YOGYAKARTA MINGGU KE-166

Fx. Wahyu Widiantoro

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Pengenalan karir yaitu proses pemberian pengetahuan tentang berbagai macam karir atau pekerjaan serta upaya menanamkan sikap positif terhadap semua pekerjaan yang ada di sekitar lingkungan anak. Peluang karir di negara kita yang masih terbuka luas antara lain di bidang maritim. Potensi Indonesia di bidang maritim begitu besar terdiri dari sumber daya alam dan letak yang strategis. Potensi yang dapat dioptimalkan yaitu bidang perikanan, transportasi laut, wisata bahari, wilayah pesisir, pembangunan industri jasa maritim, dan miyak bumi.

Salahudin (2012), menjelaskan bahwa secara umum pengenalan karir pada siswa memiliki tujuan diantaranya agar siswa memiliki pemahaman diri terkait dengan pekerjaan, memiliki pengetahuan tentang dunia kerja dan informasi karir yang menunjang kematangan kompetensi kerja serta memiliki kemampuan merencanakan masa depan. Tujuan layanan bimbingan karir di SD adalah mengenal ciri-ciri berbagai jenis pekerjaan yang ada baik dilingkungan sekitar rumah dan masyarakat luas, merencanakan masa depan, membantu arah pekerjaan, menyesuaikan keterampilan, kemampuan, membantu mencapai cita-cita, serta menumbuhkan minat dengan jenis pekerjaan (Depdikbud dalam Kartadinata, Ahman & Nani, 2002).

Pentingnya pengenalan karir di bidang maritim pada anak-anak yaitu sebagai upaya sedini mungkin menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan potensi kelautan Indonesia. Anak-anak Indonesia dipersiapkan sebagai tenaga kerja yang berkompeten di industri maritim. Sumber daya manusia yang mampu mengelola budaya, iptek, ekonomi perikanan, pariwisata, pelayaran, mengelola wilayah laut, hIngga kelak anak-anak mampu mewujudakan negara kepulauan yang maju dan makmur.

Upaya pengenalan karir di bidang maritim pada anak-anak dapat dilakukan dengan cara sederhana antara lain yaitu dengan Dongeng bertema cinta laut, pengenalan biota laut, ekosistem peraiaran dan tempat hidup biota laut. Memberi pemahaman untuk tidak buang sampah sembarangan. Anak-anak diajak melakukan studi wisata ke pelabuhan. Menjelaskan fungsi pelabuhan tidak sekedar tempat dilakukannya bongkar-muat barang, maupun naik turunnya penumpang kapal namun juga memiliki peran penting dalam perekonomian suatu daerah dan negara.

Pendampingan dalam karir di dunia maritim hendaknya berlanjut hingga pada tingkat perguruan tinggi. Seperti halnya Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta secara nyata mempersiapkan lulusan multidisipliner yang mampu berkompetitif di dunia migas. Mahasiswa dibimbing sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka pilih untuk mampu memiliki terobosan-terobosan baru yang bisa bersaing untuk mampu bekerja dan berinteraksi dalam industri dunia migas.

Tulisan tentang dunia maritim ini adalah materi siaran di RRI Yogyakarta, minggu ke-166. Siaran ini dilaksanakan pada 7 September 2016 pukul 20.15-21.00. Siaran yang dilakukan setiap hari Rabu ini mempunyai label Forum Dialog. Acara ini merupakan hasil kerjasama dengan RRI Yogyakarta dengan Fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta. Selain sebagai media pengabdian masyarakat bagi dosen, siaran ini juga berfungsi sebagai media promosi dan ajang bagi mahasiswa untuk belajar literasi psikologi. Pada siaran kali ini, dosen yang terlibat adalah Fx. Wahyu Widiantoro. Beliau adalah dosen yang terkenal mempunyai suara kalem dan menenangkan, sehingga sangat tepat untuk menjadi konselor melalui radio. Dua mahasiswa cemerlang dari Psikologi UP45 juga terlibat membantu kesuksesan siaran ini yaitu Wahyu Relisa Ningrum dan Wulandari. Semoga acara ini terus berlangsung, karena sangat bagus untuk memberi inspirasi pada masyarakat.

Referensi:

Kartadinata, S., Ahman, & Nani, M. (2002). Bimbingan di sekolah dasar. Bandung: CV.Maulana.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan konseling. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Suggested citation:

Widiantoro, F. W. (2016). Pengenalan karir di bidang maritim pada anak-anak. RRI Yogyakarta. 7 September 2016.

No comment for PENGENALAN KARIR DI BIDANG MARITIM PADA ANAK-ANAK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *