Menu Click to open Menus
Home » Akreditasi » PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MEMBUAT SITUASI BELAJAR MENJADI MENYENANGKAN

PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MEMBUAT SITUASI BELAJAR MENJADI MENYENANGKAN

(73 Views) November 2, 2016 6:11 pm | Published by | No comment


TAMU PSIKOLOGI UP45 MEMERIAHKAN KULIAH UMUM UNTUK SAMBUT
TAHUN AJARAN BARU 2016/2017
Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Belajar adalah situasi yang mungkin saja tidak menyenangkan pada orang-orang. Hal ini karena belajar pada hakekatnya adalah indvidu berusaha untuk menguasai pengetahun dan ketrampilan baru. Melakukan hal-hal baru sangat membutuhkan motivasi tinggi karena individu akan sering mengalami kegagalan yang menyakitkan. Kegagalan yang dialami individu menunjukkan bahwa ia memang belum menguasai strategi untuk menguasai pengetahuan / ketrampilan baru secara cepat.

Belajar juga sangat erat hubungannya dengan pendidikan. Hal ini karena dalam dunia pendidikan, para siswa juga harus menunjukkan perilaku belajar. Perilaku belajar itu antara lain menyangkut perilaku membaca, menulis, berhitung, berpikir, berani mencoba hal-hal baru, dan sebagainya. Dalam psikologi pendidikan, hal-hal yang dipelajari antara lain tentang penyampaian informasi (pengetahuan), cara-cara mengajarkan ketrampilan (skill), dan cara-cara penyampaian nilai-nilai masyarakat / organisasi. Pada proses penyampaian itu, sikap guru terhadap siswa sangat penting. Guru harus mampu menerapkan prinsip-prinsip psikologi pada praktek pembelajaran.

Persoalan yang relevan dengan situasi belajar pada anak-anak adalah guru harus mampu menguasai metode mengajar yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa sedang belajar. Bahkan anak merasa sedang bermain-main. Jadi mengajar bukansekedar memindahkan ilmu yang dimiliki guru kepada anak, namun guru juga harus bisa menanamkan nilai-nilai. Justru pengajaran tentang nilai-nilai inilah yang penting. Pengajaran tentang nilai-nilai ini akan lebih efektif bila guru memberikannya dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan anak.

Topik tentang belajar dan pendidikan ini adalah topik yang dikemukakan oleh dosen tamu Prof. Dr. Asmadi Alsa, dari Psikologi UGM Yogyakarta. Beliau adalah pakar Psikologi Pendidikan. Kedatangan pakar Psikologi Pendidikan ini terjadi pada 12 Oktober 2016. Semua mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 beserta para dosen hadir dalam pertemuan tersebut. Semoga acara yang bermanfaat bagi proses pembelajaran di Prodi Psikologi UP45 ini akan sering terjadi.

No comment for PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MEMBUAT SITUASI BELAJAR MENJADI MENYENANGKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *