Menu Click to open Menus
Home » Akreditasi » PSIKOLOGI BERBAGI KE-11: KIPRAH MAHASISWA PSIKOLOGI DI LUAR UP45

PSIKOLOGI BERBAGI KE-11: KIPRAH MAHASISWA PSIKOLOGI DI LUAR UP45

(9 Views) Oktober 17, 2016 2:04 pm | Published by | No comment


MAHASISWA PSIKOLOGI UP45 DILATIH MENJADI TRAINER
YANG ANDAL DI SMA N I SEDAYU
Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Univesitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Siswa SMA N 1 Sedayu menyambut dengan wajah ceria kehadiran mahasiswa Fakultas Psikologi UP45. Acara bimbingan pada siswa merupakan bagian dari kegiatan Psikologi Berbagi dari Fakultas Psikologi UP45. Acara dilaksanakan di Gedung Serbaguna SMA N 1 Sedayu bersamaan dengan selesainya ujian MID semester pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016.
Acara bimbingan psikologi diawali dengan sambutan dari Bapak Kepala SMA Negeri 1 Sedayu, Drs. Edison Ahmad Jamali. ”Terima kasih atas kerjasama yang terjalin dan semoga hal ini juga dapat dilakukan pada acara-acara lainnya. Hal ini karena acara Psikologi berbagi ini sangat bermanfaat bagi siswa’’, ungkap Bapak Edison.

Para siswa mendengarkan dengan seksama materi yang dipaparkan oleh Subur Triyono, mahasiswa Psikologi UP45. Materi yang dipaparkan adalah “Menjalin hubungan sosial yang sehat di kalangan remaja”. Suasana bertambah akrab ketika para mahasiswa mengajak bernyanyi dengan dipimpin oleh Sofi Malhani, mahasiswa Psikologi UP45 yang sangat berbakat di bidang seni musik. ”Senang sekali ada acara Psikologi Berbagi dari Fakultas Psikologi UP45 di sekolah kami. Semoga acara ini bisa diadakan lagi dengan tema menarik lainnya”, ungkap Cahya, siswa SMA  N 1 Sedayu. Riand sebagai panitia acara mengungkapkan bahwa dibutuhkan persiapan yang optimal agar acara dapat menarik bagi siswa. ”Acara ini mampu melatih kami untuk selalu kreatif baik dalam memilih dan menyajikan materi”, ungkap Riand, mahasiswa Psikologi UP45.

Tujuan diadakannya acara Psikologi Berbagi yaitu melatih mahasiswa Fakultas Psikologi untuk terbiasa mengembangkan ilmu yang didapat dengan maksimal sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikan di masyarakat. Cara-cara aplikasi materi adalah dengan menggunakan game psikologi yang menyenangkan. Bila mahasiswa tidak terjun ke masyarakat, maka ilmu yang diperoleh hanya sebatas hafalan saja. Karya-karyanya juga menjadi penghuni perpustakaan saja.
Adanya acara Psikologi Berbagi yang dilaksanakan di luar kampus, telah memaksa mahasiswa Psikologi UP45 untuk mengeluarkan segala jurusnya demi suksesnya acara. Melihat antusias para siswa, maka layak untuk memberi predikat bahwa Psikologi Berbagi di SMA N 1 Sedayu berlangsung sukses. Diharapkan acara Psikologi Berbagi dapat diadakan di berbagai SMK, SMA serta pada tingkat pendidikan lainnya. Melalui acara ini, mahasiswa Psikologi UP45 didorong untuk menjadi trainer yang andal.
Siapa saja aktor di balik kesuksesan acara Psikologi Berbagi ini? Mereka adalah Wahyu Relisa Ningrum, Subur Triyono, Riand, Febrio, Husna, Adel, Fadli, Ahmad, dan Manik. Koordinator acara secara keseluruhan adalah Wahyu Widiantoro, dosen Psikologi UP45 yang menjadi favorit mahasiswa.

Kesempatan untuk berbagi ilmu di SMA N I Sedayu ini adalah peristiwa pertama kali dalam sejarah Psikologi UP45. Selama ini, kesempatan anjang sana hanya diisi dengan promosi tentang Psikologi UP45 saja. Mahasiswa belum pernah diminta untuk menerapkan ilmu yang diperoleh pada siswa SMA / masyarakat secara lebih luas. Semoga peristiwa ini menjadi momentum bagi bangkitnya kejayaan Psikologi UP45. Para dosen dan karyawan Psikologi UP45 tentu saja sangat bangga akan keberanian mahasiswa kreatif tersebut untuk unjuk kemampuan. Semoga acara ini terus berlangsung secara rutin pada sekolah-sekolah lainnya.

No comment for PSIKOLOGI BERBAGI KE-11: KIPRAH MAHASISWA PSIKOLOGI DI LUAR UP45

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *