Bagaimana Trik singkat menjadi Ilmuan Psikologi

Ilmuwan Psikologi adalah seorang lulusan sarjana Psikologi strata 1 (S1) atau strata 2 (S2) magister yang bukan bidang Profesi Psikologi. Seorang yang lulusan S1 Psikologi dapat dikatakan Ilmuwan Psikologi. Jika akan menjadi seorang Psikolog, maka harus mengambil S2 di bidang profesi.
Kode Etik Himpunan Psikologi meyebutkan bahwa ilmuwan psikologi bertanggung jawab dalam memberikan layanan dalam bentuk mengajar, melakukan penelitian dan intervensi sosial dalam area sebatas kompetensinya, berdasarkan pendidikan, pelatihan atau pengalaman sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah.
Ilmuwan Psikologi tidak dapat melakukan penilaian dari tes-tes psikologi. Karena yang dapat melakukan penilaian dari tes-tes psikologi itu hanya seorang Psikolog. Jadi, Ilmuwan Psikologi dapat memberikan jasa psikologi tetapi tidak berhak dan tidak berwenang untuk melakukan praktik psikologi Indonesia.
Menjadi seorang Ilmuwan Psikologi harus;
Mengambil jurusan psikologi
Menyelesaikan skripsi sekaligus meneliti
Lulusan S1 Psikologi atau S2 non-profesi
Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan. Berbagai bidang dalam psikologi;
Psikologi Perkembangan.
Mempelajari proses perkembangan manusia dari bayi hingga lansia.
Psikologi Klinis.
Mengenai perilaku manusia dari sisi fisiologis dan keadaan mentalnya.
Psikologi Pendidikan.
Menangani murid bermasalah, hingga merancang strategi yang tepat agar kegiatan belajar efektif.
Psikologi Sosial.
Berfokus pada interaksi sosial pada masyarakat.
Psikologi Industri dan organisasi.