WEBINAR SERI 2 “ATASI SOCIAL ANXIETY : CARA MENANG DARI FOMO”

Pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2023 Biro Psikologi Universitas Proklamasi 45 menyelengarakan webinar dengan judul “Atasi Social Anxiety : Cara Menang dari Fomo”. Webinar ini diselenggarakan dalam rangka Dies Nataslis Universitas Proklamasi 45 yang Ke-59. Webinar ini dilaksanakan karena melihat keresahan dan fenomena dari remaja zaman sekarang khususnya dewasa awal (15-24 tahun). Remaja sekarang sering tidak menyadari bahwa perilaku yang dilakukan berdampak tidak baik pada dirinya. Perasaan ingin selalu up-to-date agar tidak ketigalan berita itu adalah bagian dari fenomena FOMO. Sudah pada tahu apa itu fomo? Kenapa fomo berhubungan dengan Social Anxiety? Simak penjelasan dibawah ini.

Fomo merupakan perasaan ingin selalu terhubung dengan orang lain di dunia maya, merasa cemas atau takut ketingalan berita yang ada di dunia maya, dan terobsesi dengan postingan orang lain. Manusia pada dasanya adalah makhluk sosial yang membutuhkan penerimaan dan pengakuan dari lingkungan. Media sosial pada zaman sekarang sudah menyediakan fasilitas yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Tetapi ketika keterhubungan tersebut tidak terpenuhi dapat memicu terjadinya social anxiety. Sehingga hal itu akan berdampak tidak baik bagi dirinya. Fomo tidak didorong oleh apa yang didapatkan, namun dari apa yang dilewatkan dari orang sekitar. Terdapat strategi untuk mengatasi efek buruk dari social anxiety akibat fomo diantaranya:

  1. Kesadaran diri.
  2. Batasi penggunaan media sosial
  3. Mencari dukungan
  4. Latihan kesadaran
  5. Gradula exposure

Webinar ini dilaksanakan dengan dua narasumber yang keren-keren. Dilihat dari backgroundnya narasumber memiliki pengetahuan yang mendalam dan mampu berfikir praktis dan teoritis sehingga sangat cocok dengan tema tersebut. Dari kedua narasumber tersebut dapat memberikan pemahaman secara teori dan penerapan yang bermanfaat bagi para generasi bangsa terutama dewasa awal. Benefit yang diberikan dari webinar ini berupa sertifikat dan knowledge. Harapan dari adanya webinar ini dapat memberikan aspirasi, inspirasi dan pengetahuan dalam mengatasi social anxiety akibat fomo.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *