Mahasiswa Fakultas Psikologi kunjungan ke TPST Randu Alas

Pada Tanggal 24 Oktober 2023 Mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2022 berkunjung ke TPST Randu Alas bersama ibu dosen Dr.,Dra. Arundati Shinta MA. Kunjungan ini dilaksanakan karena terdapat tugas mata kuliah psikologi lingkungan yaitu belajar di TPST Randu Alas. Pembelajaran di TPST Randu Alas dipimpin bersama bapak Tujono selaku wakil ketua TPST Randu Alas.
TPST Randu Alas berdiri atas kisah yaitu dulu TPST ini adalah tempat pembuangan sampah, karena bapak Tujono dan tim selaku masyarakat sekitar sini melihat beberapa daerah membuang sampah ke tempat ini dan tempat ini menjadi tidak terkelola yang menjadikan lingkungan kotor dan buruk akhirnya beliau memutuskan untuk mengelola tempat ini menjadi TPST. Setelah itu bapak Tujono dan tim mengajukan proposal kepada DLH atau Dinas Lingkungan Hidup untuk diberikan fasilitas untuk pengolahan sampah.
“Setelah DLH mempercai kami dan proposal sudah di ACC akhirnya pada tahun 2015 TPST sudah dibangun dan selesai pembangunan yaitu bulan Februari 2016. Kami mencari pelanggan yang mau dan bersedia untuk bekerjasama dengan kami atau berlangganan dengan kami waktu itu terkumpul sekitar 20-20 orang. Sampah yang sudah terkumpul kita pilah dan kita pilih untuk dijual, nantinya akan ada petugas yang mengambil sampah yaitu 2 Minggu sekali lalu kita jual sampah yang sekiranya laku dan uangnya kami masukkan ke kas RT.”kata bapak Tujono selaku wakil ketua TPST Randu Alas.
Pada saat keliling di TPST Randu Alas mahasiswa dipandu oleh bapak Tujono untuk melihat hasil olahan sampah mereka. Yang pertama yaitu jelas disana terdapat banyak sampah seperti plastik, kemudian terdapat pupuk kering yang sudah mereka olah selama beberapa Minggu, kemudian pupuk basah yang ada didalam gentong, dan juga alat pembakar sampah yang masih dibangun.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *