PELATIHAN DESIGN KEPADA TIM MARKOM FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Pelatihan desain adalah program yang dirancang untuk memberikan keterampilan praktis dan pengetahuan teoritis dalam bidang desain grafis, desain produk, desain interior, atau desain lainnya. Pada Tanggal 10 Desember 2023, Tim Intern Markom Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 melaksanakan Pelatihan Design secara online melalui zoom meeting. Pelatihan ini didatangkan narasumber yang keren yaitu Bapak Suparyanto Aji. Pelatihan ini dibuka oleh sambutan dari bapak Amin Al-Adib, S.Psi., M.Psi dan dilanjutkan oleh pembahasan dari bapak Aji.

Pada saat pelatihan design, tim markom diberikan pengajaran mengenai prinsip-prinsip dalam design seperti kontras, balance, emphasis/penekanan, repetition, proporsi, hierarchy, ritme, pattern, white space, movement, variety, dan unity. Tujuan Pelatihan Design adalah untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam memahami prinsip-prinsip desain, teknik-teknik kreatif, dan penggunaan perangkat lunak desain. Pelatihan juga biasanya bertujuan untuk membantu peserta memahami tren terkini dalam industri desain dan memberikan keterampilan praktis yang relevan untuk mempersiapkan mereka memasuki pasar kerja.

Selain itu, pelatihan desain juga dapat bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan visualisasi ide. Hal ini melibatkan pembelajaran teknik-teknik pemikiran desain, penanganan klien, dan pengelolaan proyek sehingga peserta dapat menjadi desainer yang sukses dan produktif. Dengan demikian, tujuan pelatihan desain adalah untuk mempersiapkan peserta dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk memasuki industri desain, mengembangkan karir dalam bidang ini, dan menghasilkan hasil desain yang berkualitas tinggi untuk berbagai keperluan, mulai dari desain komunikasi visual hingga desain produk dan lingkungan.

Benefit yang didapatkan dari pelatihan design adalah mendapatkan ilmu tentang prinsip-prinsip design, definisi design grafis adalah suatu gambaran atau penyampaian pesan untuk menyampaikan sebuah informasi, sebuah design akan terlihat bagus apabila menyertakan prinsip-prinsip design. Pada akhir sesi setelah penyampaian materi, terdapat sesi praktek mendesign sesuai dengan prinsip-prinsip design tersebut, kemudian hasil design yang telah dibuat akan di review oleh bapak Aji, sehingga kita dapat mengetahui letak kesalahan nya.

Penulis : Putri Arumsari

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *