Menu Click to open Menus
Home » Berita » Kreatifitas Seni “Festival Dolanan Anak dan Lomba Mewarnai”

Kreatifitas Seni “Festival Dolanan Anak dan Lomba Mewarnai”

(222 Views) November 2, 2017 10:45 am | Published by | No comment

Dalam rangka festival dolanan anak dan lomba mewarnai mengajak anak-anal di Desa Bangsan Kayen Sindumartani Ngemplak Sleman Minggu 13 Agustus 2017. Dolanan tradisional dinilai dapat membantu membentuk karekter anak sesuai dengan budaya Indonesia yang mencintai kebersamaan dan saling menyayangi.

Drs. Indra Wahyudi, M.Si menjelaskan kreativitas seni agak berbeda dengan kreativitas pada umumnya. Batasan yang paling umum mengenai kreativitas adalah, cara berpikir yang tidak lazim tetapi mengena ketika seseorang mencoba menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Pada kreativitas seni penyelesaian masalah lebih merupakan gagasan yang menggugah aspek kognitif, afektif dan perilaku pada aspresiator.

Disisi lain, kreativitas seni permainan tradisional ini justru lebih mendidik terutama mendidik karekter anak. Dolanan tradisional bisa melatih anak untuk lebih berjiwa sosial karena anak harus berinteraksi dengan anak yang lain, membangun kebersamaan seperti budaya kebangsaan Indonesia.

Karekter sebagai anak bangsa Indonesia sebenarnya justru akan tumbuh dengan dolanan tradisional, karena harus berinteraksi dengan anak yang lain, berarti tidak individualis, dilatih berkerjasama dengan tim yang berarti melatih mereka dalam hal persatuan ada menang dan kalah dan membiasakan diri anak untuk saling bertoleransi.

Categorised in:

No comment for Kreatifitas Seni “Festival Dolanan Anak dan Lomba Mewarnai”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *